Instruksi Setelah Cabut Gigi

Instruksi Setelah Cabut Gigi

Ungkapan dari sebuah lagu yang katanya ‘Lebih baik sakit gigi daripada sakit hati” tak sepenuhnya benar. Karena berdasarkan pengalaman teman-teman yang pernah mengalami sakitnya sakit gigi, pastilah akan sangat sakit sekali (S3) 😉

Instruksi setelah cabut gigi

Gigi yang sakit memang sebaiknya dilakukan perawatan sedini mungkin, sehingga tidak timbul keparahan yang lebih lanjut. Namun demikian, bila sudah terlambat atau sudah sangat parah, dan tidak ada solusi lain, maka gigi tersebut sebaiknya memang dicabut.

Proses pencabutan gigi saat ini sudah tidak terlalu menyeramkan seperti jaman dulu, karena saat ini alat dan bahan yang digunakan sudah sangat memadai. Jarum yang digunakan sangat kecil, teknik yang dilakukan juga sudah bagus, sehingga pasien tidak perlu terlalu takut bila giginya terpaksa harus dicabut.

Proses pencabutan gigi itu sendiri sebenarnya sangat simpel, dan pada kasus yang mudah, maka pencabutan gigi hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Jadi sebaiknya jangan terlalu tegang bila harus menghadapi proses pencabutan gigi anda. Karena hal ini akan mempermudah bagi dokter gigi anda saat melakukan tindakan pencabutan gigi.

Bila anda melakukan pencabutan gigi, otomatis akan mengalami pendarahan. Pendarahan ini biasanya dalam jumlah sedikit dan masih dianggap normal bila pendarahan bisa dikendalikan segera dengan menggigit kapas yang bersih, atau tampon.

Namun sebaliknya, setelah  cabut gigi bisa saja terjadi pendarahan yang hebat dan mengakibatkan timbulnya bahaya bagi pasien. Oleh sebab itu, sebaiknya anda memperhatikan instruksi yang diberikan oleh dokter gigi anda setelah anda mencabut gigi, karena proses pencabutan gigi baru dianggap selesai bila pasca pencabutan tidak terjadi infeksi atau pendarahan yang parah dan tidak bisa dikontrol.

Berikut ini adalah instruksi pasca pencabutan gigi secara sederhana:

  1. Gigit kapas atau tampon selama kurang lebih 30 menit sampai 1 jam. Bila setelah 1 jam darah masih mengalir atau menetes dengan deras, maka sebaiknya anda gigit lagi kapas atau tampon yang dibersih.instruksi setelah cabut gigi
  2.  Jangan makan makanan atau minuman yang panas atau hangat, sebaiknya pilih yang dingin atau minum air es, supaya membantu terjadinya pembekuan darah.
  3. Hindari atau jangan sering-sering kumur. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya pelepasan jendalan darah yang sudah terbentuk, sehingga terjadi pendarahan lagi.
  4. Efek Obat bius yang digunakan saat mencabut gigi biasanya akan berkurang setelah 1-2 jam, oleh sebab itu sebaiknya segera minum obat yang diberikan dokter sebelum efek obat biusnya hilang. Dan khusus untuk antibiotik -bila diberikan- harus diminum sampai habis, sedang obat lainnya hanya diminum sesuai gejala saja.
  5. Hindari merokok sampai pendarahan terkontrol dengan baik.
  6. Bila diperlukan sebaiknya kontrol 1 minggu lagi.

Demikianlah penjelasan singkat tentang instruksi setelah cabut gigi. Semoga bermanfaat 🙂

Rajinlah memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi anda, supaya bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik, karena gigi itu sangat berperan penting bagi kesehatan anda.

Buat anda yang sedang belajar main gitar, bisa mendapatkan panduan tentang kunci gitar Senandung Jatuh Cinta by Ebiet G Ade di bagian lain dari blog ini 🙂

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *