Cara Membersihkan Karang Gigi

Cara Membersihkan Karang Gigi

Karang gigi merupakan endapan yang menempel di permukaan gigi, khususnya pada leher gigi yang terdiri dari plak, bakteri dan endapan anoganik yang terdiri dari kalsium dan elemen lain yang berasal dari air liur kita.

Sumber penyebab karang gigi sendiri berasal dari kandungan acguired pellikel yang berada dalam air ludah kita. Jadi meskipun kita rajin membersihkan karang gigi, maka karang gigi akan selalu terbentuk. Oleh sebab itu harus dilakukan pembersihan karang gigi secara teratur setiap beberapa bulan sekali atau setahun sekali tergantung dari kecepatan terbentuknya karang gigi dalam mulut kita.

cara membersihkan karang gigi

Bagaimana Cara membersihkan karang gigi ?

Ada beberapa cara membersihkan karang gigi yang banyak kita temukan di internet, baik dengan cara tradisional maupun dengan cara modern. Namun sejauh ini, hasilnya tidak signifikan, dan justru bisa merusak keseimbangan sistem dalam rongga mulut kita.

Cara membersihkan karang gigi yang terbaik adalah dengan mengunjungi dokter gigi anda.

Karang gigi harus dibersihkan karena bisa berbahaya bagi kesehatan gigi dan mulut kita.

Kasus akibat karang gigi tidak dibersihkan dengan baik  :

Pasien usia 29 tahun degan kondisi karang gigi yang sangat parah disertai dengan gigi goyang semua pada 4 gigi bagian depan . Dan setelah dilakukan pemeriksaan secara mendalam dengan rontgen panoramik, maka terlihat bahwa kerusakan yang terjadi pada jaringan pendukung giginya sangat parah bahkan daya dukung tulang tidak sampai setengah tinggi tulang alveolar (tulang rahang). Cara penanganan kasus yang demikian parah biasanya harus melalui tindakan bedah periodontal, atau bila tidak memungkinkan, maka harus dilakukan pencabutan pada gigi tersebut.

Jangan lupa baca juga cara membersihkan usus anda dari sampah atau toksin yang menumpuk di dalam perut yang menyebabkan perut anda jadi BUNCIT di sini.

Jika sudah begini, maka sangat disayangkan, bahwa dalam usia yang masih sangat muda harus dilakukan pencabutan pada gigi depan yang tentu saja akan menganggu secara estetis penampilan pasien.

akibat karang gigi

Karena sebenarnya karang gigi ialah kumpulan bakteri yang berasal dari dalam rongga mulut dan jaringan di sekitar gigi, maka karang gigi dapat menyebabkan infeksi kronis atau akut pada gusi (gingivitis) atau jaringan di sekitar gigi (periodontitis) selain itu menurut penelitian terbaru, bakteri dalam karang gigi bisa terbawa melalui aliran darah dan menyebabkan penyakit kronis yang berbahaya bagi tubuh kita.

Berikut ini ialah gejala yang sering timbul berhubungan dengan karang gigi :

  • gusi berdarah dan kemerahan
  • gusi membengkak dan atau bernanah
  • gusi melorot atau gigi tampak menjadi panjang
  • gigi lama-lama menjadi goyang
  • gigi menjadi meregang (timbul celah-celah antara gigi)
  • gigi menjadi linu padahal tidak ada yang berlubang

Akibat dari karang gigi ini masih banyak dan akan kami jelaskan pada artikel yang lain. Bahkan penelitian yang terbaru menyatakan ada hubungan karang gigi dengan penyakit sistemik seperti diabetes milletus (kencing manis).

Jadi sebaiknya karang gigi harus dibersihkan secara rutin setiap 6 bulan sekali atau setahun sekali tergantung dari saran dokter gigi anda.

Jangan sampai karang gigi ini terlanjur masuk ke dalam gusi sehingga membuat gigi anda goyang meskipun tidak berlubang ! Kalau sudah begini, maka tindakan yang bisa diambil untuk menyelamatkan gigi tersebut adalah melalui bedah periodontal atau paling fatal adalah gigi tersebut tidak bisa diselamatkan lagi, sehingga harus dicabut 🙁

Bila gigi anda terpaksa dicabut makan anda bisa membaca Instruksi Setelah Cabut Gigi pada bagian lain dalam blog ini.

Semoga bermanfaat ya.. 🙂

 

 

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *